WhatsApp-Button

Klinik Aborsi

  • Posted by klinik on 2019-09-27 11:04:33
Klinik Kuret Steril - KLINIK ABORSI - KLINIK RADEN SALEH - 081220201799
- Klinik Aborsi

Klinik Aborsi - Aborsi atau pengguguran dalam bahasa latin di sebut juga dengan abortus yang merupakan berakhirnya kehamilan dengan mengeluarkan janin (fetus atau embrio). Aborsi yang terjadi secara spontan atau tidak disengaja disebut juga "keguguran" sedangkan Aborsi yang dilakukan secara sengaja seringkali disebut "aborsi induksi" atau "abortus provokatus".

Kata aborsi umumnya hanya digunakan dalam pengertian abortus provokatus. Prosedur serupa yang dilakukan setelah janin berpotensi untuk bertahan hidup di luar rahim juga dikenal dengan sebutan "aborsi tahap akhir". 

ada 5 (lima) jenis aborsi yang perlu kita ketahui diantaranya :

1. Aborsi dengan methorexate dan misoprostol

2. Aborsi medis

3. Aborsi aspirasi vakum

4. Dilatasi dan evakuasi

5. Aborsi induksi

Dalam ilmu kedokteran, istilah-istilah ini digunakan untuk membedakan aborsi:

  • Spontaneous abortion: gugur kandungan yang disebabkan oleh trauma kecelakaan atau sebab-sebab alami.
  • Induced abortion atau procured abortion: pengguguran kandungan yang disengaja. Termasuk di dalamnya adalah: Therapeutic abortion: pengguguran yang dilakukan karena kehamilan tersebut mengancam kesehatan jasmani atau rohani sang ibu, kadang-kadang dilakukan sesudah pemerkosaan. Eugenic abortion: pengguguran yang dilakukan terhadap janin yang cacat. Elective abortion: pengguguran yang dilakukan untuk alasan-alasan lain.

Klasifikasi Abortus / Aborsi

  • Abortus spontanea merupakan abortus yang berlangsung tanpa tindakan.
  • Abortus provokatus merupakan jenis abortus yang sengaja dibuat/dilakukan, yaitu dengan cara menghentikan kehamilan sebelum janin dapat hidup di luar tubuh ibu. Pada umumnya bayi dianggap belum dapat hidup di luar kandungan apabila usia kehamilan belum mencapai 28 minggu, atau berat badan bayi kurang dari 1000 gram, walaupun terdapat beberapa kasus bayi dengan berat dibawah 1000 gram dapat terus hidup.

Penyebab Abortus / Aborsi / Keguguran

Karakteristik ibu hamil dengan abortus yaitu:

  1. umur
  2. Jarak hamil dan bersalin terlalu dekat
  3. Paritas ibu
  4. Riwayat Kehamilan yang lalu

 

Penelusuran terkait :