WhatsApp-Button

Tanda-tanda Janin Sudah Masuk Jalan Lahir

  • Posted by klinik on 2019-10-02 08:50:36
Klinik Kuret Steril - KLINIK ABORSI - KLINIK RADEN SALEH - 081220201799
- Tanda-tanda Janin Sudah Masuk Jalan Lahir

Klinik Aborsi - Bagi para bumil dengan semakin dekatnya masa persalinan, ibu hamil mungkin akan merasakan tanda-tanda janin sudah masuk jalan lahir. Agar Bumil bisa lebih siap dengan proses persalinan, maka mari kita kenali terlebih dahulu beberapa tanda-tandanya yang akan di uraikan. Semakin dekat ke masa persalinan para bumil akan merasakan beberapa tanda

Tanda-tanda Janin Sudah Masuk Jalan Lahir diantaranya :

1. Bisa bernapas dengan lebih lega

Memasuki kehamilan trimester ketiga akhir, Bumil biasanya bisa bernapas lebih lega. Hal ini disebabkan oleh turunnya janin ke jalan lahir, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi paru-paru Bumil untuk mengembang.

2. Frekuensi buang air kecil meningkat

Ketika memasuki kehamilan trimester ketiga, ibu hamil mungkin merasa frekuensi buang air kecil (BAK) semakin meningkat. Buang air kecil akan terasa semakin sering saat janin sudah masuk ke jalan lahir. Hal ini disebabkan oleh tekanan kepala janin di panggul yang juga bisa menekan kantung kemih.

3. Nyeri panggul

Hal lain yang bisa menjadi tanda masuknya janin ke jalan lahir adalah nyeri pada panggul. Hal ini disebabkan oleh posisi kepala janin yang telah memasuki jalan lahir akan menekan panggul dan menimbulkan rasa nyeri.

4. Kontraksi palsu yang semakin terasa

Saat memasuki trimester ketiga, mungkin Bumil akan merasa kontraksi palsu semakin sering muncul. Nah, hal ini bisa disebabkan oleh masuknya kepala janin ke jalan lahir.

5. Cairan yang keluar dari vagina semakin banyak

Masuknya janin ke jalan lahir akan membuat kepala janin menekan leher rahim. Hal inilah yang kemudian memicu keluarnya banyak cairan dari vagina. Cairan dari vagina ini juga bermanfaat untuk membuka jalan lahir untuk janin.

6. Perut terasa turun

Perut terasa turun merupakan tanda janin sudah masuk jalan lahir yang cukup mudah untuk dikenali. Saat janin sudah memasuki jalan lahir, ibu hamil mungkin akan merasakan adanya ruang kosong di antara dada hingga perut bagian atas.

Kapan bayi mulai bergerak merosot ke panggul?

Selama masa kehamilan, posisi bayi meringkuk dengan kepala mengarah ke atas dekat dada ibu dan kakinya di bawah. Beberapa bayi bisa dalam posisi melintang tegak lurus dengan jalan lahir.

Semua ini adalah hal yang wajar dan tidak membahayakan, karena bayi dapat bergerak untuk memutar posisinya agar bisa menyembul keluar dengan kepala lebih dulu. Bayi akan mulai bergerak berputar menurunkan kepalanya hingga ke daerah panggul ibu, dan akhirnya berada di daerah tulang kemaluan Anda.

Gerakan dropping atau lightening ini umumnya mulai terjadi pada trimester ketiga kehamilan, di sekitar bulan ketujuh (minggu 34-36 kehamilan). Namun pada kebanyakan wanita hamil, gerak yang menjadi tanda bayi akan lahir ini bisa mulai terlihat beberapa jam sebelum persalinan.

Pada kehamilan kembar, gerak bayi mungkin bisa terjadi lebih cepat karena posisi salah satu bayi sudah berada lebih rendah di perut sang ibu. Untuk calon ibu pertama, kemerosotan ini mungkin terjadi di detik-detik akhir menjelang persalinan atau justru saat persalinan dimulai.

Apa yang bisa dilakukan untuk bantu mempercepat bayi turun?

Jika bayi tampaknya tidak turun ke panggul bahkan setelah 36 minggu kehamilan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut.

  • Lakukan aktivitas fisik ringan, misalnya squat, untuk merangsang pembukaan serviks, tapi jangan berolahraga berat.
  • Hindari duduk bersila dan berjongkok. Posisi ini dapat mendorong bayi kembali ke atas. Duduklah berselonjor kaki dengan lutut terpisah dan condongkan badan ke depan, untuk membantu bayi bergerak ke bawah panggul.
  • Duduk di atas bola bersalin untuk bantu bayi bergerak ke bawah, sekaligus mengurangi sakit punggung.
  • Berbaring di sisi kiri dengan menyelipkan bantal di antara lutut.
  • Berenang dengan perut menghadap ke atas. Hindari gaya dada jika Anda mengalami nyeri panggul.
  • Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk lama, pastikan untuk sering-sering bangkit dan bergerak.

Klinik Raden Saleh

Semoga 6 Tanda Janin Sudah Masuk Jalan Lahir di atas dapat membantu para ibu hamil untuk memperkirakan janin sudah masuk jalan lahir atau belum. Akan tetapi itu semua bisa berbeda antara bumil yang dengan yang lainnya mengenai tanda janin sudah masuk jalan lahir.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai keadaan kehamilannya agar lebih akurat. 

Source : alodokter.com - hellosehat.com

Penelusuran terkait :

  • klinik raden saleh
  • klinik kuret steril
  • klinik aborsi
  • dokter spesialis kandungan (obgyn / SPoG)
  • alamat raden saleh
  • info raden saleh
  • klinik kandungan jakarta
  • aborsi legal dan aman
  • klinik kandungan
  • ciri gerakan janin masuk panggul